Cara mengatasi rasa ngantuk

Cara mengatasi rasa ngantuk – Rasa kantuk merupakan hal alamiah saat tubuh merasa lelah dan perlu beristirahat. Rasa ngantuk juga bisa terjadi dimana saja, dan tak mengenal waktu.

Namun tentunya sobat akan merasa sangat kesal saat rasa kantuk datang di saat yang tidak tepat, seperti saat sedang bekerja, mengikuti seminar, dan juga saat mengerjakan hal yang penting.

Cara mengatasi rasa ngantuk
Namun begitu, ada langkah-langkah ringan yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa ngantuk. Diantaranya yaitu :

1. Bangun dari kursi dan berjalan-jalan sejenak.
Meskipun mengunyah permen meningkatkan energi, satu jam kemudian tubuh akan kembali lelah. Sementara berjalan selama 10 menit meningkatkan energi hingga dua jam ke depan. Itu karena saat berjalan, oksigen dipompa melalui pembuluh darah ke otak dan otot. Jika sobat bekerja di meja, sering-seringlah untuk berjalan-jalan sebentar.

2. Istirahatkan mata untuk hindari kelelahan.
Duduk di depan komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan mata lelah. Alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit untuk membuat mata lebih rileks.

3. Pilih cemilan yang sehat.
Cemilan sehat dapat meningkatkan energi lebih lama, seperti:
a. Kacang mentega pada kerupuk gandum atau batang seledri.
b. Yogurt dan segenggam kacang-kacangan atau buah segar.
c. Baby carrots dengan saus krim keju rendah lemak.

4. Ngobrol dengan rekan kerja.
Jika sobat merasa kurang konsentrasi, ngobrolah untuk membuat pikiran menjadi rileks sejenak.

5. Bikin ruang kerja lebih terang.
Lingkungan dengan pencahayaan redup memicu kelelahan. Studi menunjukkan cahaya terang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

6. Tarik nafas dalam-dalam.
Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi.

7. Menepilah saat mengantuk ketika mengemudi.
Mengemudi sambil mengantuk sama bahayanya dengan mengemudi di bawah pengaruh alkohol. Untuk mengatasi rasa kantuk saat mengemudi, sobat dapat membuka jendela atau menyalakan musik keras. Sobat juga bisa meminta orang lain untuk menggantikan mengemudi atau menepi dan tidur sampai rasa kantuk hilang.
Jika Anda berada dalam perjalanan panjang, gantilah posisi pengemudi sesering mungkin. Berhenti setidaknya setiap dua jam untuk berjalan-jalan dan mendapatkan udara segar.

8. Alihkan tugas untuk stimulasikan pikiran.
Pada 2004, peneliti Finlandia mempelajari orang-orang yang bekerja shift malam (jam 12). Mereka menemukan bahwa pekerjaan monoton sama berbahayanya karena mengurangi waktu tidur dan menurunkan kewaspadaan. Cobalah melakukan tugas yang berbeda di rumah atau di tempat kerja saat mengantuk. Atau beralih ke tugas lain yang lebih menarik ketika merasa mengantuk.

9. Minum air
Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Pastikan sobat minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran.

10. Tidur siang sejenak hilangkan kantuk.
Waktu untuk tidur siang yang baik antara 5 sampai 25 menit. Waktu tidur siang sebaiknya enam atau tujuh jam sebelum sobat biasa akan pergi tidur.
Jika sobat tidak dapat tidur, beristirahatlah dengan menutup mata selama 10 menit atau lebih, hal tersebut bisa membuat pikiran lebih segar.

Demikian artikel yang berisi tips cara Mengatasi Rasa Ngantuk. Semoga artikel diatas dapat menghilangkan rasa ngantuk dengan cepat dan dapat memulai aktivitas dengan baik dan lancar.

Cara mengatasi rasa ngantuk | Dev Deandra | 4.5